PC Ini Harganya Cuma Rp 100 Ribuan

http://images.detik.com/content/2015/05/11/317/chip46.jpg

Raspberry Pi selama beberapa waktu sempat jadi PC dengan harga termurah –sekitar USD 35. Dan kini muncul pesaingnya dengan harga lebih murah, yaitu C.H.I.P, sebuah micro PC berbasis Linux yang dijual dengan harga USD 9 atau Rp 117 ribu (USD 1 = Rp 13.000).

Meski harganya lebih murah, spesifikasi yang dimiliki C.H.I.P malah sedikit tinggi dibanding Raspberry Pi. Prosesor R8 AMR-nya berkecepatan 1 GHz, dengan RAM 512MB, dan storage eMMC 4GB. Sementara Raspberry Pi versi dua cuma punya prosesor 900 MHz.

C.H.I.P menjalankan OS Debian Linux, dan mempunyai WiFi 802.11 b/g/n serta Bluetooth 4.0 terintegrasi. Tersedia juga sebuah port USB, audio, dan komposit video, dikutip detikINET dari Ibtimes, Senin (11/5/2015).

Ada juga sejumlah aksesoris yang bisa dipasangkan ke C.H.I.P. Antara lain sebuah cover dengan port VGA atau HDMI yang dijual dengan harga USD 10 atau USD 15. Selain itu ada juga perangkat bernama PocketChip yang mempunyai layar sentuh, dan keyboard.

Pembuatnya, Next Thing Co,meluncurkan C.H.I.P melalui kampanye crowdfunding di Kickstarter pada 7 Mei lalu, dengan target pendanaan sebesar USD 50 ribu. Target tersebut sudah tercapai hanya beberapa jam setelah kampanye tersebut dijalankan.

Padahal kampanye ini masih akan berjalan hingga 6 Juni 2015 mendatang. Dan sampai berita ini diturunkan, sudah ada sekitar 12 ribu orang yang menyumbangkan uang dengan nilai total USD 620 ribu.

sumber : detik.com

0 Comments

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>