Portugal Sulap Bus & Taksi Jadi Hotspot Gratis

http://images.detik.com/content/2014/12/30/328/073916_veniam_3.jpg

Porto – Program smart city yang digalang pemerintah kota Porto di Portugal ini seharusnya bisa dijadikan panutan bagi kota-kota di negara lain, termasuk Indonesia.

Misalnya, Lebih dari 600 bus dan taksi yang ada di Portugal telah dipasangi router Wifi untuk akses internet mobile gratis. Selain itu, alat ini juga jadi pengumpul data yang efektif untuk perencanaan kota.

Jaringan WiFi mobile masif buatan startup bernama Veniam itu rencananya akan diluncurkan di kota Porto pada musim gugur ini. Bus dan taksi nantinya akan dilengkapi dengan router yang bekerja sebagai mobile WiFi hotspot untuk 10 dari ribuan pengendara di kota tersebut.

Selain berfungsi sebagai hotspot, router itu juga berfungsi sebagai alat pengumpul data dari kendaraan — dan juga dari tempat sampah di seluruh kota — dan mengirimkan data tersebut ke pusat kota untuk membantu pemerintah dalam perencanaan sipil.

Seperti dikatakan di awal, lebih dari 600 bus dan taksi menjadi bagian dari jaringan yang melayani 70.000 orang dalam sebulan dan menyerap 50% hingga 80% jaringan trafik pengguna yang menggunakan seluler.

Satu hal yang juga sangat menarik, perangkat jaringan Wifi ini bisa dimanfaatkan sebagai sensor yang akan mengirimkan data jika bus atau taksi mengalami guncangan karena ada lubang di jalan. Sensor suspensi akan mendeteksi hal itu dan menyampaikan informasinya ke Balai Kota untuk membantu mengidentifikasi jalan mana yang harus segera diperbaiki.

Sementara seperti detikINET kutip Mashable, Selasa (30/12/2014), startup Veniam yang merancang jaringan ini telah berhasil mengumpulkan dana investasi USD 4,2 juta dan tengah mendirikan kantor pusat di Mountain View, California, AS.

sumber :detik.com

0 Comments

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>