Arkeolog Menggali Cartridge Game Bersejarah

http://images.detik.com/content/2015/01/12/654/atari2600games.jpg

Yang namanya peninggalan benda-benda bersejarah bentuknya memang tak melulu artefak. Hal itu dibuktikan oleh seorang arkeolog yang malah menemukan cartridge game bersejarah saat melakukan penggalian.

Cartridge game yang ditemukan merupakan milik konsol game Atari 2600. Dilaporkan ada dua cartridge game yang ditemukan dalam penggalian tersebut yakni satu berjudul Extra Terestrial (E.T.), sedangkan yang lainnya adalah Centipede.

Seperti diketahui, E.T. adalah film garapan Steven Spielberg yang mengisahkan tentang persahabatan antara makhluk asing dan manusia. Bisa jadi Atari berusaha mendompleng kesuksesan film yang digarap tahun 1982 itu melalui game E.T. besutannya.

Seperti detikINET kutip dari Ubergizmo, Senin (12/1/2015), tempat penggalian yang berlokasi di padang gurun New Meksiko, Amerika Serikat (AS) kabarnya memang merupakan tempat sengaja dikuburnya game-game konsol Atari 2600.

Alasannya karena saat itu Atari sedang mengalami kejatuhan. Pelopor konsol game itu disebut mengalami kerugian sebesar USD 310 juta akibat dari penjualan video game yang menurun signifikan di kuartal II tahun 1983.

Karena dianggap menyimpan nilai sejarah, kedua cartridge game pun kini telah didonasikan ke museum milik Universitas North Dakota di AS sebagai peninggalan bersejarah.

sumber :detik.com

0 Comments

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>